Palestina - Tragedi dan Perjuangan yang Gak Pernah Lepas dari Perhatian Dunia


Palestina, guys, itu kayak kelas sejarah yang penuh drama dan perjuangan. Jadi begini nih, dari zaman batu sampai jaman pake gadget, Palestina tetep jadi pusat perhatian dunia.
-Zaman Kuno, Zaman Pharaoh dan Sejarah Uniknya.
                Jaman dulu banget, Palestina ini kayak pusatnya cerita-cerita kece. Ada Yerusalem, Betlehem, dan kota-kota kuno lainnya. Pharaoh, bangsa Mesir, Babilonia, sampe bangsa Yunani, semuanya ikut nimbrung di sini.

-Zaman Dulu Tuh Kekacauan
                Trus ada jaman Arab ngegulirin kekhalifahan mereka di sini. Terus di Abad Pertengahan, salib-saliban datang dan rebutan tanah, terutama Yerusalem yang jadi rebutan terus.

-Britannia dan Pecahnya Palestina
                Nah, setelah Perang Dunia I, Palestina dipegangin sama Britania Raya. Tapi ternyata, konfliknya makin gak jelas. PBB ngusulin bagi-bagi negara buat Yahudi dan Arab di tahun 1947, dan ini bikin ribut besar.

-Nakba, Bencana Buat Palestina
                   Abis Israel nyatain kemerdekaan mereka di tahun 1948, konflik gede banget. Banyak orang Palestina jadi pengungsi, disebut Nakba, alias bencana. Ini bikin perjuangan dan identitas Palestina makin kuat.

-Perang Enam Hari, Pendudukan, dan Intifada

Di tahun 1967, Perang Enam Hari bikin Israel nguasai Tepi Barat, Gaza, dan sekitarnya. Trus ada Intifada, pemberontakan rakyat Palestina yang gak terima. Ini awal dari konflik panjang yang masih berlangsung sampai sekarang.

-Upaya Perdamaian dan Status Quo yang Ngeselin.
                      Walaupun ada usaha buat perdamaian, kayak Kesepakatan Oslo, tapi solusi buat damai masih susah banget dicapai. Sampai sekarang, Palestina masih ngejalanin keseharian dengan konflik dan harapan buat damai.

Jadi, Palestina itu kaya novel yang gak pernah selesai, guys. Tragedi dan perjuangannya selalu jadi pembicaraan dunia. Semoga suatu hari nanti ada solusi yang bener-bener adil dan bawa kedamaian buat semua orang di sana. Peace out! ✌️

Comments

Popular posts from this blog

Apakah saya Delusi? Memahami Perasaan yang tidak nyata

Humor tentang Ibu Guru yang kocak

Resonansi Melodi yang Terlupakan - Cerita Pendek

Mukidi dan janda penjaga Warung yang budeg - humor lucu

cerita lucu misteri Hantu ngakak

humor hari ini