Utroba Cave ,Gua Prasejarah Bulgaria yang Menyerupai Vulva Manusia

Kamu pernah denger tidak soal Utroba Cave? Gua ini ada di provinsi Kardzhali, Bulgaria, gua ini bentuknya mirip vulva manusia dan berasal dari jaman Thracia, lho! Katanya, para sejarawan bilang gua ini dulunya dipake buat tempat suci kesuburan.
Gua ini dalam bahasa Bulgaria disebut Utrobata atau Peshtera Utroba, yang artinya 'The Womb Cave'. Gila, ya, namanya? Ini gua bikin heboh sejak ditemuin tahun 480 SM. Arkeolog ngasih tau kita kalau gua ini dipake orang-orang dari zaman Neolitik dan Kalkolitik, dijaman pertengahan gua ini jadi tempat berlindung orang-orang Kristen, mereka yang ngasih jejak-jejak fresko dan tulisan di dindingnya.

Yang bikin gua ini makin menarik adalah bentuk dan pencahayaannya, pintu masuknya tingginya 3 meter dan lebarnya 2,5 meter, dan di dalamnya ada altar setinggi 1,3 meter yang diukir. Ada lubang di langit-langit gua yang membuat cahaya masuk ke dalam.Terus, cahaya itu bikin phallus-shaped setiap hari pas tengah hari, tapi baru nyampe altar sekali dalam setahun. Maknanya? Katanya itu simbolisasi dari proses pembuahan.

Arkeolog yakin gua dan altar ini dipake sama orang-orang Thracia sebagai tempat suci kesuburan. Biasanya, tempat-tempat suci mereka di puncak gunung dan ada air mengalir. Nah, di Utroba Cave, juga ada air yang ngalir dari gua ke kaki bukit. Hingga sekarang, masih banyak pasangan yang tidak punya anak datang ke gua ini berharap bisa hamil. Unik, kan?

Comments

Popular posts from this blog

cerita lucu misteri Hantu ngakak

Apakah saya Delusi? Memahami Perasaan yang tidak nyata

Humor tentang Ibu Guru yang kocak

IBU HAMIL Mengangkat beban DUA HARI sebelum melahirkan

Resonansi Melodi yang Terlupakan - Cerita Pendek

Mukidi dan janda penjaga Warung yang budeg - humor lucu