Cleopatra Antique Pool ,Kolam Renang Kuno dan Eksotis di Turki

Bro, lu pernah denger tentang "Cleopatra Antique Pool" yang ada di Turki ? Itu kolam renang keren banget, Kolam ini punya cerita yang panjang dan seru, ada hubungannya sama sebuah legenda, gempa bumi, dan peradaban jaman dulu.
Katanya sih, kolam itu dikasih sama Marc Anthony si jenderal dan politisi Romawi, buat Cleopatra, ratu Mesir yang terkenal karena cantik dan pinter. Tapi, gak ada catatan pasti kalo Cleopatra pernah ke situ sih. Dulu kolam itu bagian dari kuil yang didedikasikan buat dewa Apollo (dewa matahari, musik, dan penyembuhan versi mitologi Yunani-Romawi). Kuilnya punya atap keren dan pilar-pilar Doric yang terbuat dari marmer.

Terus, pas abad ke-7, ada gempa bumi dahsyat yang ngerusak kuil dan sebagian besar bangunan sekitarnya. Pilar-pilar marmer yang roboh itu jatuh ke dalam kolam, dan masih terlihat sampai sekarang di dasarnya. Seru, kan? Pengunjung bisa berenang di antara puing-puing sejarah itu, dan ngerasain sensasi gelembung-gelembung kecil dari gas yang keluar dari lantai kolam. Suhu Airnya sekitar 35-37 derajat Celcius, dan kaya mineral kayak kalsium, magnesium, dan karbonat, yang katanya bagus buat kulit.

Kolam renang kuno ini jadi salah satu spot wisata hits di Turki, apalagi buat yang suka pemandangan eksotis, santai-santai, dan suka sejarah gitu. Di sekitar kolam, ada reruntuhan kota kuno Hierapolis juga, yang dibangun sekitar tahun 190 SM, plus teras-teras Pamukkale yang alami banget, terbentuk dari endapan kalsium dari air panas bumi selama ribuan tahun. Mantap, kan?

Comments

Popular posts from this blog

cerita lucu misteri Hantu ngakak

Apakah saya Delusi? Memahami Perasaan yang tidak nyata

Humor tentang Ibu Guru yang kocak

IBU HAMIL Mengangkat beban DUA HARI sebelum melahirkan

Resonansi Melodi yang Terlupakan - Cerita Pendek

Mukidi dan janda penjaga Warung yang budeg - humor lucu